Kamis, 06 Maret 2014

TUGAS KERAJINAN TANGAN DAN SENI RUPA Ke-1





“TEKNIK MELUKIS”

Salah satu media yang dapat kita gunakan untuk menuangkan perasaan kita adalah dengan melukis. Ketika kita merasa sedi, senang ataupun marah, semuanya dapat kita tuangkan melalui goresan-goresan cat air pada buku gambar. Hasil dari goresan tersebut adalah cerminan dari perasaan yang kita rasakan ketika kita melukis.
Bahan-bahan yang diperlukan pada saat kita akan melukis diantaranya cat air, buku gambar, kuas, palet dan air. Ketika kita membeli cat air kita harus memencet-mencet cat air tersebut agar kita mengetahui kondisi dari cat air tersebut. Apabila keras janganlah membeli cat air tersebut karena cat air tersebut sudah tidak layak untuk digunakan. Dalam satu kotak cat air tersedia banyak warna. Pada saat akan melukis campurkanlah cat air dengan air terlebih dahulu agar warna yang kita dapatkan bagus. Untuk memperoleh warna yang baru, kita tidak perlu mencampurkan cat air yang satu dengan yang lainnya, tapi kita hanya perlu menumpuk cat air tersebut. Apabila kita ingin warna yang tipis campurkanlah air yang banyak pada cat air. Namun apabila kita ingin warna yang terang, campuran air dapat dikurangi.
Pada praktik pertama melukis saya entah bagaimana gambar yang pada awalnya hanya goresan tinggi rendahnya nada sebuah lagu bisa berubah menjadi sebuah lukisan yang bertemakan “love is fun”. Pada gambar terlihat bermacam-maca goresan cat air diantaranya goresan warna pelangi, tinggi rendahnya nada, burung, rumput, dan hati. Goresan warna pelangi tersebut ibaratkan cinta itu penuh dengan warna. Goresan tinggi rendahnya nada tersebut ibaratkan ketika seseorang yang saling jatuh cinta berdekatan jantung mereka akan berdetak kencang tidak karuan. Goresan burung pada gambar tersebut ibaratkan cita yang bebas bagaikan burung, terkadang ia datang ataupun pergi. Goresan bunga pada gambar tersebut ibaratkan ketika seseorang sedang jatuh cinta hatinya pun akan berbunga-bunga ketika melihat orang yang disukainya. Goresan rumput yang berwarna warni tersebut ibaratkan cinta yang pernuh warna. Dan goresan hati tersebut ibaratkan cinta yang membara.
Ketika seseorang sedang jatuh cinta hidupnya pun akan penuh warna dan sangat menyenangkan.
“LOVE IS FUN”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar