Sabtu, 31 Mei 2014

TUGAS KERAJINAN TANGAN DAN SENI RUPA Ke - 9

“KURIKULUM”

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
Kurikulum 2013 merupakan pengganti kurikulum KTSP. Kurikulum 2013 bersifat tematik integratif yang menekankan pada tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Kurikulum ada yang bersifat given yang merupakan kurikulum tersebut tidak bisa dirubah dan harus dilaksanakan sesuai dengan isi kurikulum yang telah diberikan dari pusat dan ada juga yang bisa disesuaikan sesuai dengan sekolah.
Dalam struktur kurikulum SD/MI yang berlaku saat ini di Indonesia, terdapat dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Masing-masing kelompok terdiri dari beberapa bidang studi, antara lain:
     Kelompok A :
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelompok B :
Seni Budaya dan Prakarya
Penjasorkes
           
            Setiap guru harus memiliki GBPP atau garis besar program pengajaran untuk setiap bidang studi yang diajarkannya. GBPP bisa dibuat dalam bentuk rancangan pembelajaran semesteran atau rancangan pembelajaran tahunan. Dalam pembuatan GBPP harus memperhitungkan waktu,  karena bisa saja waktu pertemuan berkurang karena adanya hari libur. Guru harus memperhitungkan baik-baik waktu dalam yang dibutuhkan untuk mengajarkan satu bidang studi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
            Berikut adalah salah satu contoh rancangan pembelajaran semester seni budaya dan prakarya kelas II dan materi seni budaya dan prakarya yang diajarkan pada kelas tersebut  


Materi Seni Budaya dan Prakarya
Kelas II

Kompetensi Dasar
Materi
KD 2.1
Menggambar Bebas.
KD 2.2
Mengenal Alam di Lingkungan Sekitar.
KD 2.3
Pembentukan Sikap dalam Berkarya.
KD 3.1 dan 3.4
Pengenalan dan Pengolahan Bahan Alam yang dapat dimanfaatkan sebagai Karya Kreatif.
KD 3.2
Belajar Bernyanyi.
KD 3.3
Berjalan dengan menggunakan Gerak bertempo.
KD 3.5 dan 3.6
Memahami budaya dan bahasa di daerah setempat.
KD 4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
KD 4.2
Membuat mozaik sederhana.
KD 4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
KD 4.4
Membentuk karya relief dari bahan lunak.
KD 4.5
Menyanyikan lagu anak-anak.
KD 4.6 dan 4.8
Memainkan lagu dengan pola irama bervariasi.
KD 4.7
Membuat lagu sederhana.
KD 4.9 dan 4.10
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam, menggunakan tempo.
KD 4.11
Menyanyi sambil bergerak dengan media rekam.
KD 4.12
Menyanyi sambil menari dengan menggunakan tempo dan dinamika.
KD 4.13 dan 4.14
Membuat karya kreatif sebagai perhiasan benda dengan mengolah bahan alam yang ada di lingkungan melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
KD 4.15
Membuat karya fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana.
KD 4.16
Belajar menyajikan olahan makanan.
KD 4.17
Menceritakan budaya yang ada di daerah setempat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar